Senin, 10 Juli 2017

BIMBINGEN PERMATA Tgl 09-15 Juli 2017



BIMBINGEN PERMATA Tgl 09-15 Juli 2017
Thema:TEGUH BERPRINSIP
                                                       Bahan: kolose 1 : 9-12  
Pdt. Maria E br Sitepu



-          Penjelasen Teks
Setiap manusia dalam dunia ini yang masih memiliki nafas kehidupan harus punya prinsip dalam kehidupannya, karena ketika seorang manusia tidak memiliki prinsip, pedoman, sikap atau apapun istilahnya dalam kehidupannya dipastikan akan mudah terbawa arus dan akhirnya tidak akan mengalami kemajuan dalam kehidupannya.
Sebagai seorang permata hal ini juga sangat penting, karena permata sebagai generasi muda diharapkan dapat menjadi generasi yang membawa perubahan dalam kehidupan keluarga, gereja, dan masyarakat ke arah yang lebih baik.
Hal ini yang mungkin disadari betul oleh pemerintahan kita sekarang olehnya salah satu moto atau semboyan pemerintah kita adalah revolusi mental. Jadi perlu ada perubahan mental dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita sekarang khususnya masalah prinsip hidup. Karena kebanyakan yang terjadi bukan Cuma permata saja tapi hampir rata-rata masyarakat di semua kalangan tidak memiliki prinsip hidup. Istilah yang biasa dipakai adalah “kemana air mengalir”. Hal ini sebenarnya memperlihatkan bagaimana masyarakat lebih cenderung mengikuti apa yang terjadi tanpa memperdulikan prinsip yang ada.
Dalam kehidupan sekarang yang cenderung skeptic (ragu-ragu) dan apathies (acuh tak acuh), permata diharapkan agar mampu tetap memiliki prinsip. Dalam hal ini tentu prinsip kekristenan adalah prinsip yang paling utama yang harus ada dalam kehidupan permata.
Dalam pembacaan kita pada minggu ini, rasul paulus memperlihatkan kepada jemaat di kolose bagaimana harus tetap memiliki prinsip dalam hidup sebagai seorang Kristen walaupun kita tahu bahwa pada saat itu jemaat di kolose berhadapan dengan ajaran-ajaran sesat yang sewaktu-waktu dapat mempengaruhi prinsip kekristenan yang selama ini ada dalam kehidupannya. Oleh karenanya dalam pembacaan kita ini Paulus mengharapkan agar perpulungen Kolose :
1.      Ayat 9
Berdoa, itulah nafas kehidupan orang percaya. Dalam setiap persoalan, bagaimanapun beratnya doa adalah yang utama, karena dengan doa kita mampu mengkomunikasikan segalanya dengan Tuhan. Mungkin selama ini banyak orang yang sudah tidak lagi mengaku kuasa doa itu, tapi selaku seorang Kristen doa tetaplah hal yang penting dan utama dalam kehidupan beriman kita kepada Tuhan
2.      Ayat 10
Tetap berbuat baik. Berbuat baik bukan persoalan apakah orang baik atau tidak terhadap kita, karena kita berbuat baik karena Allah sudah lebih dulu berbuat baik kepada kita
3.      Ayat 11
Tekun dan sabar, artinya hal ini menjadi prinsip kita dalam menghadapi masalah yang terjadi dalam kehidupan kita, karena masalah itu solusi yang pertama harus dilakukan adalah dihadapi jadi ketekunan dan kesabaran itu penting dalam menghadapi masalah.
4.      Ayat 12
Mengucap syukur adalah hal yang paling utama dalam melalui kehidupan ini walaupun terkadang yang terjadi sama sekali tidak memihak kita tapi kita harus sadar itu semua adalah cara yang dipakai Tuhan untuk mempersiapkan kita menerima yang lebih baik dalam kehidupan kita.
-          Aplikasi
Teguh Berprinsip artinya apapun itu, apapun masalahnya, apaun yang datang, prinsip tetaplah prinsip, karena terkadang masalah yang datang kepada kita itu hanya untuk melihat keteguhan prinsip kehidupan kita. Olehnya itu marilah kita permata milikilah prinsip hidup dalam diri kita masing-masing khususnya milikilah prinsip Kristen dalam kehidupan kita. Agar kita semakin dimampukan untuk mampu menjalani hidup ini dengan sukacita yang luar biasa yang datangnya dari Tuhan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar