Rabu, 05 Juli 2017

BIMBINGEN PERMATA Tgl 02-08 Juli 2017



BIMBINGEN PERMATA Tgl 02-08 Juli 2017
THEMA:ADA APA DENGAN PERBEDAAN
BAHAN:Efesus 2 : 19-22 
Pdt.Maria E br Sitepu


-          Penjelasen Teks
Berbeda atau sama, itu dua hal yang menarik guna menjadi pertanyaan bagi kita secara terkhusus bagi permata untuk memancing daya nalar kita khususna berkaitan dengan tema permata untuk minggu ini.
Apakah yang paling enak ? berbeda atau tidak berbeda (sama)
Tentu pasti beragam pemahaman ataupun jawaban yang bisa kita dapatkan dari satu pertanyaan singkat ini.
Tapi yang kita pahami bersama adalah :
1.      Perbedaan itu nilainya atau keharusannta mutlak. Tidak bisa tidak
Apa yang ada di dunia ini yang tidak berbeda ? semua berbeda karena ketika kita berbeda maka itu yang membuat kita saling melengkapi, kita saling membutuhkan dan itu juga yang membuat hidup ini indah. Coba kalau semua manusia di dunia ini laki-laki, bagaimana ceritanya.
2.      Sama atau tidak berbeda hanyalah menurutku sebuah konsep saja, karena secara kenyataan dilapangan sama itu tidak ada, pasti ada saja perbedaan yang ada diantara “kesamaan” itu. Jadi dengan begitu hal itu tidaklah sama.
“Ada apa dengan perbedaan” itulah tema permata minggu ini. Sebenarnya kalau kita melihat tema ini menimbulkan pertanyaan kenapa sih kalau kita berbeda. Disini letak masalahnya. Banyak orang yang tidak sanggup menerima perbedaan dalam dunia ini. Kita lihat saja holocaust  yang terjadi pada masa jerman masih dikuasai nazi, karena keinginan untuk membuat kesamaan makanya mengorbankan yang berbeda. Cerita tentang pembanguna menara babel, itupun juga memperlihatkan bahwa manusia selalu berusaha untuk membuat sesuatu itu sama, tapi yang terjadi malah sebaliknya.
Dari beberapa gambaran itu sebenarnya kita sudah bisa menyimpulkan bahwa perbedaan bukanlah sebuah persoalan, karena yang jadi persoalan sebenarnya adalah persoalan itu sendiri, karena tidak ada persoalan dalam perbedaan itu.
Olehnya kalau kita kembali kebahan Alkitab kita dalam Efesus 2:19-22, sebenarnya sudah cukup jelas bagaimana rasul Paulus menggambarkan  perbedaan itu dalam sebuah persatuan dalam tubuh Kristus. Perbedaan itu semua dipakai semakin memperkuat persatuan kita di dalam tubuh Kristus atau yang biasa kita sebut dengan gereja. Jadi secara umum gereja bisa juga kita artikan sebagai persatuan dari perbedaan-perbedaan untuk kemuliaan Tuhan Yesus Kristus.
-          Aplikasi
Permata dalam kehidupannya yang masih muda, terkadang memang mencari selalu kesamaan dalam bidang apapun, contohnya, teman, pekerjaan dan sebagainya, tapi harus diingat semakin hari perbedaan dalam kehidupan ini semakin lebih banyak dan mau tidak mau kita harus menghadapinya. “Ada Apa dengan Perbedaan” sederhana saja jawabannya “Tidak ada apa-apa”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar