BIMBINGEN PA MORIA TGL. 14 - 20 FEBRUARI 2016
Pdt. Larena br. Sinuhadji (Nd. Rey Tarigan)
Si man
ogen : Kuan-kuanen 14:6-9
Tema
: NGGIT ERLAJAR
Tujun
: Gelah Moria :
1) Terus
erlajar guna ndatken kepentaren
2) Ngembangken
kepentarenna guna kiniulin geluhna ras kerina jelma
Metode
PA : Rekoleksi
Penjelasen Bahan Pustaka Si Badia
Kitab Kuan-kuanen isina kerna ajaren-ajaren si mehuli guna kegeluhen
si icidahken i bas pedah, perumpamaan dingen kata ajar.
Kalak pentar banci siidah i bas perikopta, antara lain, kalak si lit
ukurna (Bhs. Ind. : “berpengertian”) melukah datna pengajaren. Ertina arah ise
ras kai saja banci ialokenna pengajaren, la lebe lit sikap penolaken (resisten)
perban lit biak kita siakap si beluhna. Kalak pentar e me kalak si ietehna kai
si ibahanna. Ertina, la sembrono, la asal-asalen i bas geluh enda. Ietehna kai
tujunna nggeluh, kai pe si ibahanna pasti lit gunana subuk man dirina bage pe
man kalak si deban. Kalak pentar, igejapina dosana ras mesikel ia maka dosana
ialemi Dibata. Kalak pentar labo hanya ietehna kai si enggo ipelajarina, tapi
lebih asa si e, kai si enggo ietehna ipakena sebage pedoman guna kegeluhenna.
Sedangken kalak lenge (motu) e me kalak si meganjang rukur, kalak si
akapna kai pe enggo ietehna. Kalak si bage enggo pasti sepele man kalak si deban,
anggap remeh man kalak ras ia akapna si beluhna. Bahkan si lebih parah, pusuhna
enggo erbatu-batun sabab la diatena kejahaten si bahanna. La sedarina kerna
dosa-dosana. Artina, kalak motu la ia mbiar man Dibata, la akapna dalih nggeluh
i bas dosa.
Pilihen tetap bas kita, sabab geluh enda pilihen, si apai nge si ipilih
kita, nggeluh sebage kalak motu/lenge entah sebage kalak pentar? Tentu
sura-suranta kita sebage anak-anak Dibata nggeluh sekalu kalak pentar. La banci
lang arus terus-menerus kita erlajar (long
life education), labo hanya secara pendidiken formal tapi pe informal
(buku, kesaksian kalak si deban, pengalamen kegeluhenta, erbage-bage media
informasi, rsd). Janah bena-benana kepentaren e me kap erkemalangen man Dibata.
Perikop ngajari kita guna terus erlajar ras melukah datken
pengajaren. Arah ise pe kita nggit erlajar, bahkan anak-anak sekali pe maun
banci ngajari kita. Kadang lit sifat sepele ras menganggap diri lebih asangken
kalak si deban piah dungna lenga pe sialoken pengajaren e enggo leben mbue
pikiren-pikiren si negatif si berkembang bas pikirenta si ngambati proses
pembelajaren. Adi pentar kita enggo pasti nampati kita ras pe kehadirenta jadi
pasu-pasu man kalak si deban.
Aplikasi
Terkadang kita merasa puas diri alu pemeteh si lit bas kita piah
dungna la nari kita nggit erlajar. Bahkan lit biak meganjang ukur bas kita, i ja
kita kita siakap si beluhna, padahal realitana kebalikenna. Teruslah belajar,
kembangkan dirinta gelah tambah-tambah kepentaren ibereken Tuhan banta. Jakub
1:5 “Tapi adi lit i bas kam si kurang kepentarenna, ertotolah ia man Dibata si
mereken kepentaren man bandu. Sabap Dibata kap mereken kepentaren man kerina
jelma alu melumbar dingen dem perkuah ate”.
Metode si ipake i bas PA-nta sekali enda “Rekoleksi” e me nginget
mulihi paksa si enggo lepas alu ngerenungkenca dingen seh ku sura-sura
mpehulikenca guna kegeluhen si lebih mehuli. Banci jadi paksa si nai erkiteken
kurang erpenggurun kita man Tuhan, kurang erlajar, melala keputusen-keputusen
si ibahan kita si la bijaksana entah kurang pentar. Salah i bas berkata-kata,
la lebe siukurken tapi enggo sibelasken si erbanca kitik ukur kalak si deban.
Salah i bas kita makeken keuangenta si erbahanca lebih besar pasak asangken
tiang. Salah i bas kita memilih teman bergaul si erbanca menjerumusken kita. Kuan-kuanen
13:20 “Adi kam erteman ras kalak pentar kam pe ikut jadi pentar, tapi adi kalak
bodoh temanindu, kam pe ikut jadi bodoh”. 1 Kor. 15:33, “Ola kal kam papak!
"Pergaulen si la mehuli, ncedaken biak si mehuli”.
BIMBINGAN PA MAMRE TGL. 14 - 20 FEBRUARI 2016
Nrs. Bp. Rey Tarigan
DILAKI
SEBAGE SI MUAT KEPUTUSEN ALU PENTAR
Teks
: 1 Raja-raja 3:16-28
Tema
: PENTAR MUAT KEPUTUSEN
Tujun
: Mamre ngasup
1)
Erlajar arah kepentaren Salomo i bas muat keputusen
2)
Makeken kepentaren i bas muat keputusen
Penjelasan Bahan Alkitab
1 Raja-raja 3:16-28 adalah perikop yang sangat biasa diceritakan
untuk menggambarkan hikmat atau kebijaksanaan yang dimiliki oleh raja Salomo,
raja kedua bangsa Israel setelah raja Daud. Diceritakan bagaimana dua orang ibu
meminta keadilan dari raja Salomo berkaitan dengan bayi yang mereka perebutkan.
Ibu yang satu mengaku bahwa bayi itu adalah anaknya, sementara itu ibu yang
lain mengatakan bahwa bayi itu adalah anaknya. Lalu dengan bijak raja Salomo
menyelesaikan persoalan mereka sehingga diketahui siapa ibu yang sebenarnya
dari bayi yang mereka perebutkan. Ketika bangsa Israel mengetahui bagaimana
raja Salomo menyelesaikan kasus tersebut maka takutlah bangsa Israel kepada
raja, sebab mereka melihat, bahwa hikmat dari Allah ada dalam hati raja Salomo
untuk melakukan keadilan (ay. 28). Dari situ maka tersebarlah berita tentang
hikmat atau kebijaksanaan raja Salomo.
Perlu digarisbawahi ay. 28 “Hikmat dari Allah ada dalam hati raja
Salomo”. Kalimat tersebut menunjukkan dua hal, pertama-tama hikmat yang
dimiliki raja Salomo adalah berasal dari Allah. Kedua, hikmat itu ada dalam
hati Raja Salomo. Bila kita mengacu pada perikop sebelumnya (ps. 3:3-14), maka
kita mengetahui bahwa Raja Salomo tidak secara instan mendapatkan hikmat dari
Allah. Ada proses yang dijalaninya. Pertama-tama ia “menunjukkan kasihnya
kepada Tuhan dan hidup menurut ketetapan-ketetapanNya” (ay. 3). Hal ini
menunjukkan ketaatan raja Salomo kepada Tuhan. Sebagai seorang raja tentunnya
ia berkuasa melakukan apapun yang ia inginkan, tetapi ia memilih untuk taat
kepada Tuhan dan hidup menurut perintah Tuhan. Kedua, karena raja Salomo taat
kepada Tuhan dan hidup menurut perintah Tuhan maka Tuhan menawarkan sesuatu
untuk diberikan kepadanya (ay. 5). Sebagai manusia normal tentunya tidak salah
jika raja Salomo meminta harta kekayaan dunia ini. Namun ia memilih untuk
meminta hikmat (ay. 9, “hati yang faham menimbang perkara”, “dengan dapat
membedakan antara yang baik dan yang jahat”). Perhatikan bahwa sebelum meminta
hikmat, raja Salomo mengakui di hadapan Allah bahwa dirinya kurang pengalaman (ay.
7). Pengakuan tersebut menunjukkan kerendahatian raja Salomo di hadapan Allah
sekaligus pengakuan bahwa Allah lebih besar daripada kekuasaan yang dimilikinya.
Dari situ apa yang diperoleh raja Salomo? Dalam Alkitab Bahasa
Indonesia Sehari-hari (BIS) dikatakan “Tuhan senang dengan permintaan Salomo
itu dan berkata kepadanya, “Sebab engkau meminta kebijaksanaan untuk memerintah
dengan adil, dan bukan umur panjang atau kekayaan untuk dirimu sendiri ataupun
kematian musuh-musuhmu, maka permintaanmu itu akan Kupenuhi. Aku akan
menjadikan engkau lebih bijaksana dan lebih berpengetahuan daripada siapapun
juga, baik pada masa lalu maupun pada masa yang akan datang. Bahkan apa yang
tidak kauminta pun akan Kuberikan juga kepadamu: seumur hidupmu kau akan kaya
dan dihormati melebihi raja lain yang mana pun juga. Dan kalau kau,
seperti ayahmu Daud, mentaati Aku serta mengikuti hukum-hukum-Ku, Aku akan
memberikan kepadamu umur yang panjang” (ay. 10-13). Raja Salomo mendapatkan lebih
daripada apa yang dia minta. Tetapi yang lebih penting daripada itu adalah “Tuhan
senang dengan permintaan raja Salomo”.
Aplikasi
Apa yang bisa kita teladani dari kisah raja Salomo tersebut?
Pertama-tama hikmat, kebijaksanaa, kepentaren, bukanlah sesuatu yang sifatnya
instan. Ada proses yang harus dijalani untuk mendapatkannya. Yaitu, mengasihi
Allah dan hidup sesuai dengan apa yang dikehendaki Allah, sama dengan taat
kepada Allah dan hidup dalam ketaatan kepada Allah. Hikmat, kebijaksanaan, atau
kepentaren sangat identik dengan kasih dan ketaatan kita kepada Allah. Kedua,
harus ada kerendahatian dalam diri kita di hadapan Allah. Laki-laki diciptakan
Allah dengan keistimewaan dalam kecenderungan penggunaan logika yang prosentasinya
lebih daripada perasaan. Namun keistimewaan itu dapat dengan mudah berubah
menjadi: kesombongan, keras kepala, merasa diri paling hebat, merendahkan yang
lainnya, apalagi bila seorang lelaki memiliki kekayaan dan kekuasaan, dsb.
Supaya hal ini tidak terjadi maka dibutuhkan kerendahhatian di hadapan Allah.
Pengakuan bahwa kemampuan kita terbatas. Pengakuan bahwa Allah pasti lebih
besar, berkuasa, daripada kemampuan, kekayaan, kekuasaan yang kita miliki. Hikmat,
kebijaksanaan, atau kepentaren sangat identik dengan kerendahatian. Ketiga, apa
yang harus kita lakukan untuk menyenangkan hati Allah itu pulalah yang kita
lakukan dalam hidup kita, maka seperti raja Salomo, Tuhan akan memberikan
kepada kita lebih daripada apa yang kita minta. Dari situ maka apapun keputusan
yang kita buat dalam hidup kita, yakinlah bahwa Tuhan akan turut ambil bagian
di dalamnya.
BIMBINGAN PA PERMATA TGL.
15 - 20 FEBRUARI 2016
Nrs. Bp. Rey Tarigan
Pengucapan
Syukur PERMATA GBKP
Camp
Iman PERMATA (CIMPA) GBKP 2016
Bahan
Alkitab : Ulangan 16:13-17
Tujuan
:
Supaya
PERMATA GBKP dapat :
1)
menceritakan makna hari raya Pondok Daun dalam kehidupan bangsa Israel
2)
memiliki komitmen untuk membangun hidup dalam kebersamaan dan solidaritas
Metode
: Diskusi
Penjelasan Bahan Alkitab
Kitab Ulangan termasuk dalam 5 kitab pertama dalam Perjanjian Lama
(PL) yaitu Taurat (5 kitab Musa - Pentateukh). Disebut “ulangan” karena
merupakan pengulangan hukum-hukum dalam kitab-kitab sebelumnya yang tujuannya
untuk memelihara perjanjian antara Allah dengan bangsa Israel. Salah satu
contoh pengulangan uraian hukum-hukum misalnya terdapat dalam Ul. 5:7-21 yang
merupakan pengulangan 10 perintah Tuhan dalam Kel. 20:2-17. Dengan demikian
dapat dikatakan bahwa kitab Ulangan ditujukan kepada bangsa Israel generasi berikutnya
yang sudah tinggal menetap di tanah perjanjian Kanaan.
Ul. 16 merupakan pengingat kepada bangsa Israel agar mereka
melakukan 3 hari raya utama yang dirayakan dalam satu tahun, yaitu:
1) Pesakh (Paskah -
perayaan roti tidak beragi) yang dirayakan bangsa Israel selama satu minggu
dimulai pada hari ke-15 bulan Abib
atau Nisan (antara Maret - April).
Perayaan ini mengingatkan bangsa Israel akan kuasa Tuhan yang telah melepaskan
mereka dari perbudakan di Mesir (bdk. Kel. 12:23-25).
2) Shavuoth (Pentakosta -
hari raya Tujuh Minggu) yaitu perayaan panen gandum yang dirayakan bangsa
Israel pada hari ke-6 bulan Siwan
(antara Mei - Juni). Perayaan ini mengingatkan bangsa Israel bahwa Tuhan bukan
hanya membebaskan mereka dari tanah perbudakan di Mesir, tetapi Tuhan juga
telah menyediakan tanah yang dapat menjamin hidup mereka (bdk. Im. 23:15-21).
3) Sukkoth (Tabernakel -
Kemah Suci - hari raya Pondok Daun) yang dirayakan selama satu minggu dimulai
pada hari ke-15 bulan Tishri (antara
September - Oktober). Hari raya Pondok Daun memiliki dua makna bagi bangsa
Israel, pertama-tama mengingatkan mereka akan penyertaan dan perlindungan Tuhan
selama masa 40 tahun perjalanan nenek moyang mereka dari Mesir ke tanah Kanaan.
Oleh karena itu dalam perayaan ini bangsa Israel harus tinggal di pondok-pondok
darurat terbuat dari ranting-ranting dan daun-daun palem untuk mengingatkan
mereka akan tenda-tenda darurat tempat tinggal nenek moyang mereka selama
pengembaraan 40 tahun di padang gurun. Walaupun harus tinggal dalam tenda-tenda
darurat tetapi penyertaan dan perlindungan Tuhan tidak berkesudahan. Kedua,
hari raya Pondok Daun juga merupakan hari pengucapan syukur akan hasil panen
yang mereka peroleh (bdk. Im. 23:33-43). Hasil panen merupakan simbolisasi
berkat-berkat Tuhan yang melimpah dan tidak berkesudahan kepada bangsa Israel
walaupun bangsa Israel telah menetap di tanah Kanaan. Oleh karena itu bangsa
Israel harus bersyukur dan bersukacita bersama dengan semua orang yang ada di
sekitar mereka, termasuk orang-orang asing, anak-anak yatim, janda-janda dan
para hamba mereka (ay. 14-15).
Tiga hari raya utama tersebut (ay. 16) harus dilakukan bangsa Israel
sebagai tradisi iman yang bukan hanya mengandung muatan edukatif untuk generasi
baru, tetapi juga mengandung muatan pengakuan iman untuk bangsa Israel bahwa
Tuhan yang mereka sembah adalah Tuhan yang mahakuasa, penuh kasih, peduli, dan
setia kepada janji-janjiNya. Muatan iman tersebut harus tampak dalam wujud yang
nyata yaitu : 1) mengasihi dan peduli kepada mereka yang menderita sambil
bersukacita di hadapan Allah dan sesama (ay. 11,14); 2) mengucap syukur melalui
persembahan sukarela sesuai dengan berkat yang mereka terima (ay. 10,17).
Aplikasi
Ada dua hal penting yang dapat kita teladani. Pertama-tama, muatan
iman yang memuat pengakuan bahwa Tuhan adalah Tuhan yang mahakuasa, penuh
kasih, peduli, dan setia pada janji-janjiNya perlu kita teladani dalam
kehidupan kita. Pengakuan ini mengandung konsekuensi bahwa Tuhan harus menjadi
satu-satunya sumber dalam kehidupan kita. Kedua, iman kepada Tuhan harus
terwujud dalam kehidupan nyata dalam bentuk bersukacita dan bersyukur kepada
Allah serta mengasihi dan peduli terhadap sesama.
Dua dari tiga hari raya utama bangsa Israel tersebut di atas telah
diperbaharui maknanya dalam Perjanjian Baru (PB). Hari raya Paskah menjadi hari
kebangkitan Tuhan Yesus Kristus dan hari raya Pentakosta diperingati sebagai
hari turunnya Roh Kudus. Lalu bagaimana dengan hari raya Pondok Daun? Hari raya
Pondok Daun sebagaimana telah diuraikan di atas merupakan hari penuh dengan
sukacita dan ucapan syukur karena penyertaan dan kasih setia Tuhan yang tidak
berkesudahan. Dalam iman kita kepada Kristus, sukacita dan ucapan syukur
memiliki dasarnya dalam anugerah keselamatan di dalam Kristus serta penyertaan
Roh Kudus kepada kita sampai dengan saat ini. Oleh karena itu seharusnya ucapan
syukur dan sukacita dapat kita wujudkan di mana dan kapan saja dalam berbagai
kondisi kehidupan, dengan dan kepada siapa saja, serta dalam bentuk apa saja
sesuai dengan berkat yang kita terima. Dengan kata lain, kita tidak perlu
menunggu perayaan tertentu untuk bersukacita dan mengucap syukur, karena hidup
kita merupakan perayaan keselamatan penuh dengan sukacita dan ucapan syukur
setiap saat.
Sesuai dengan tema: “Pengucapan Syukur PERMATA GBKP” maka ucapan
syukur PERMATA harus dapat diwujudkan secara konkrit dan berdampak positif bagi
diri sendiri maupun bagi orang-orang di sekitar PERMATA. Bila mengacu pada
tujuan kedua PA kali ini, maka wujud konkrit ucapan syukur PERMATA adalah
solider atau peduli terhadap sesama yang membutuhkan serta mampu menghargai
perbedaan untuk dapat hidup bersama dalam kasih Tuhan. Untuk mewujudkan hal ini
tentunya bukanlah hal yang mudah karena dunia di sekitar kita mempengaruhi kita
untuk hidup egois dan tidak menghargai perbedaan. Itulah sebabnya dibutuhkan
komitmen, atau upaya yang lebih serius agar dapat secara konsisten hidup dalam
kepedulian terhadap sesama dan menghargai perbedaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar