Selasa, 08 Agustus 2017

BIMBINGEN PERMATA Tgl 05-12Aguastus 2017



BIMBINGEN PERMATA Tgl 05-12Aguastus 2017
THEMA:YANG MUDA YANG MEMIMPIN (3)
Nats : Filemon 1 : 8-19
Pdt. Maria E br Sitepu



-          Penjelasan Teks
Kitab Filemon termasuk salah satu tulisan rasul Paulus yang kemungkinan besar ditulis rasul Paulus ketika ia berada di dalam penjara. Kitab atau surat ini menarik karena dari sekian banyak surat yang ditulis rasul Paulus hampir semuanya berisi tentang nasihat rasul Paulus kepada jemaat, tetapi surat atau kitab ini adalah surat yang ditulis rasul Paulus untuk menyelesaikan masalah Pribadi antara Filemon dan Onesimus.

Filemon adalah seorang yang cukup terpandang di kota kolose dan juga memiliki begitu banyak budak, selain itu pula Filemon adalah orang kristen yang turut mendukung kemajuan Kekristenan pada saat itu di kolose, karena menurut beberapa sumber, rumah filemon selalu dipakai untuk  menjadi tempat berkumpul jemaat. Sedangkan onesimus adalah salah satu budak yang bekerja di tempat Filemon. Hubungan keduanya sempat kurang harmonis dikarenakan onesimus mengambil (mencuri) barang tuannya (filemon) dan pergi dari rumahnya (kolose).
Dalam pelariannya itulah, kemudian onesimus bertemu dengan Paulus dan akhirnya menjadi Kristen.
Dalam pembacaan kita pada saat ini, kita bisa melihat bagaimana seorang Rasul Paulus mencoba memperlihatkan cara dalam mengatasi persoalan yang ada kepada Filemon dan juga kepada onesimus.
1.      Meminta dengan tulus
Diawal pembacaan ini, kita dapat melihat bagaimana Rasul Paulus memakai kata istilah meminta, walaupun secara kebiasaan, seorang rasul bisa saja menyuruh atau memerinta jemaatnya untuk melakukan apa yang diinginkannya tapi hal ini tidak dilakukan rasul paulus
2.      Mempercayai
Percaya itulah yang dikatakan rasul Paulus kepada Filemon karena Onesimus. Hal ini tentu berkaitan dengan masa lalu onesimus yang mungkin saja menyebabkan filemon tidak lagi mempercayai onesimus.
3.      Menyadari siapa diri kita
Hal yang lain diajarkan rasul Paulus adalah bagaimana kita tahu siapa kita, Rasul Paulus dalam kehidupannya di penjara tentu memerlukan teman yang dapat dipercayainya, tapi harus kita ingat bahwa onesimus adalah budak filemon. Budak pada saat itu berarti kepunyaan tuan, olehnya Paulus menyadari walaupun dia butuh tapi itu bukan haknya
4.      Tugas dan tanggung jawab saja yang membedakan
Rasul Paulus juga mengingatkan kepada Filemon untuk menganggap onesimus sebagai saudara yang terkasih, hal ini tentu didasari karena Onesimus sudah menjadi bagian dari keluarga Allah dan didalam Tuhan kita semua sama. Mungkin secara kehidupan masyarakat kita dibatasi dengan tugas dan tanggung jawab kita tapi dalam Tuhan kita semua sama
5.      Bertanggung jawab
Hal terakhir inilah yang kita lihat diajarkan rasul Paulus kepada filemon dan onesimus bagaimana kita mampu untuk bertanggung jawab dalam setiap apa yang kita ucapkan dan lakukan

-          Aplikasi
Minggu ini adalah episode ke 3 bagaimana kita berbicara tentang menjadi seorang pemimpin, khususnya kepada permata. Tapi minggu ini fokusnya adalah bagaimana kita mau belajar dari Rasul Paulus tentang menjadi seorang pemimpin. Kalau kita perhatikan bahan kita tadi jelas bahwa rasul Paulus mengajarkan begitu banyak prinsip-prinsip dalam kepemimpinan Kristendan hal itu dilakukanya karena dia sudah memiliki begitu banyak pengalaman. Permata tentunya pasti ada namanya regenerasi, dalam regenerasi inilah diperlukan pengajaran dari yang sudah senior kepada yang lebih junior sehingga dapat terjalin kerjasama yang baik. Tapi hal inilah terkadang selalu terjadi dimana yang senior itu menganggap rendah yang junior sehingga terkadang dia tidak mau mengajarkan apapun kepada adiknya.
Harus kita ingat bahwa setiap manusia dalam kehidupan ini akan melangkah maju, dan tentunya kita tidak mungkin berada di permata terus, pasti ada kerinduan untuk menjadi Mamre, Moria dst, dan olehnya itu perlu ada regenerasi agak perjalanan permata dapat terus berjalan. Olehnya diharapkan peran aktif permata khususnya yang sudah lebih dewasa agar memberikan pengajaran kepada adik-adiknya agar permata ini dapat lebih maju kedepannya lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar